Rabu, 24 November 2010

paragraf deduktif dan induktif

Pembelajaran Menulis Paragraf
Dalam pengembangan sebuah paragraf, dikenal dengan adanya pola pengembangan deduktif dan induktif. Pengembangan paragraf itu sendiri adalah pengembangan kalimat topik ke dalam kalimat-kalimat pengembang. Berdasarkan posisi atau tempat kalimat topik tersebut maka dapat ditentukan jenis pengembangan paragraf , yaitu pola pengembangan deduktif dan induktif
A.   Pola Pengembangan Deduktif
dalam pengembangan paragraf deduktif mesti memperhatikan kalimat topik yang harus berada pada bagian awal paragraf yang kemudian diikuti dengan gagasan pengembang. Hal tersebut dapat didukung dalam pengrtian pola pengembangan deduktif menurut Suparno Mohamad Yunus (2008:3.22) yang menyatakan bahwa “ Paragraf deduktif adalah jenis paragraf yang memiliki kalimat topik pada bagian awal paragraf  dan kalimat-kalimat pengembang setelah kalimat topik.”
Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh pola pengembangan paragraf di bawah ini:
Penanaman seribu pohon diselenggarakan oleh pengurus KNPI kecamatan pagerageung di kawasan Tasik utara. Turut berpartisifasi pula tokoh masyarakat, para pelajar di lingkungan sekitar dan pejabat pemerintah setempat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pohon yang berperan dalam menopang stabilisasi lingkungan hidup.
Dilihat dari pola pengembanganya, paragraf diatas memiliki kalimat topik pada bagian awal paragraf yang ditandai dengan huruf tebal kemudian diikuti dengan kalimat pengembang pada kalimat berikutnya, maka kalimat tersebut termasuk jenis paragraf deduktif.
B.      Pola Pengembangan Induktif
pola pengembangan paragraf induktif diawali dengan penjabaran gagasan-gagasan pengembang dan diakhiri dengan gagasan dasar atau kalimat topik. Hal tersebut didukung dalam pengertian pola pengembangan paragraph menurut Suparno Mohamad Yunus (2008:3.22) yang menyatakan bahwa “Paragaraf induktif merupakan paragraf yang meletakan kalimat topik pada akhir paragraf, sehingga informasi dalam paragraf diawali dengan gagasan-gagasan pengembang dan diakhiri dengan gagasan dasar.”
Perhatikan contoh pola pengembangan paragraf dibawah ini!
Lebih dari seratus rumah ambruk, fasilitas beribadah roboh, kantor-kantor pemerintahan hancur bahkan gedung-gedung pencakar langit pun rata dengan tanah, banyak anak-anak kehilangan orang tuanya, tempat tinggalnya, dan sanak saudaranya, peristiwa tsunami masih membekas di hati bangsa Indonesia.

Dilihat dari pola pengembangannya paragraf di atas merupakan paragraf induktif, karena dalam pengembangan paragraf tersebut memaparkan gagasan pengembang terlebih dahulu, sedangkan kalimat topiknya terdapat di akhir paragraf.

MANFAAT MEMPELAJARI POLA PENGEMBANGAN PARAGRAF
Dewasa ini, penomena berebut pasar kerja sudah menjadi masalah yang belum terselesaikan sampai saat sekarang, banyak pengangguran di mana-mana, bukan hanya dari golongan orang yang tak pernah mengenyam pendidikan saja melainkan orang yang mengenyam pendidikan sangat tinggi pun mengalami hal yang sama.
Dengan adanya pembelajaran pola pengembangan menulis paragraf di sekolah, diharapkan siswa dapat mengembaanngkan kekreatifan siswa dibidang menulis. Sehingga siswa memiliki keterampilan menulis yang dapat di manfaatkan, misalnya menulis di media masa yang dapat menambah pengalaman siswa dalam menulis atau bahkan menjadi sumber penghasilan apabila siswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam menulis khususnya dibidang jurnalistik.
KONSEP PEMBELAJARAN YANG DAPAT DIPILIH GURU
Untuk pemilihan konsep pembelajaran, khususnya pembelajaran pola pengembangan menulis paragraf, salah satunya guru bisa menggunakan metode discovery.
Metode ini merupakan suatu komponen dari praktek pendidikan yang meliputi metode mengajar yang memajukan cara belajar aktif, beroreientasi pada proses, mengarahkan sendiri, mencari sendiri dan reflektif. Metode ini dapat digunakan oleh guru dalam beragai cara, termasuk mengajarkan keterampilan menulis sebagai alat bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajarannya.
Dengan metode discovery diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilannya sendiri dalam menulis sebuah paragaraf yang memperhatikan pola pengembangannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar